Simpanse Lebih Pintar Dari Manusia Dalam Menghafal !!

Sejak dahulu dipercaya bahwa spesies yang bernama Homo sapiens selalu unggul segala-galanya dari spesies-spesies lainnya di muka bumi ini dalam hal kognitif dan fungsi-fungsi otak.  Namun satu gelar kognitif kini telah terbukti  berpindah tangan dari manusia ke sebuah spesies yang sangat dekat dengan manusa yaitu: simpanse!, lewat serangkaian percobaan atau test yang dilakukan oleh profesor Tetsuro Matsuzawa dari Institut Riset Primata Universitas Kyoto, Jepang. Profesor Matsuzawa adalah seorang primatolog terkenal yang banyak mengeksplorasi kemampuan-kemampuan simpanse yang hingga kini masih misteri.

Seperti yang pernah dikisahkan pada acara Human Ape yang disiarkan oleh National Geographic Channel, profesor Matsuzawa berhasil membuktikan bahwa simpanse lebih unggul dari manusia dalam menghafal! Percobaan apa yang dilakukan profesor Matsuzawa terdapat simpanse-simpanse tersebut?

Profesor Matsuzawa mempersiapkan tiga pasang induk simpanse dan anak-anaknya yang akan diadu melawan sembilan mahasiswa universitas untuk diadu dalam hal menghafal! ! Caranya adalah di layar komputer akan muncul angka-angka yang letaknya acak seperti gambar di atas selama beberapa detik saja. Simpanse-simpanse dan mahasiswa-mahasiswa tersebut hanya diberi kesempatan beberapa detik untuk menghafalkan letak angka-angka tersebut. Lantas angka-angka tersebut segera berganti menjadi kotak-kotak hitam yang menyembunyikan angka-angka tersebut. Lalu lewat layar sentuh komputer, simpanse-simpanse dan mahasiswa-mahasiswa tersebut disuruh menemukan angka-angka yang berurutan satu hingga sembilan seakurat mungkin dan secepat mungkin. Tentu saja sebelumnya simpanse-simpanse tersebut telah diajarkan angka 1 sampai 9 secara berurutan.

Hasilnya?? Sungguh fantastis!! Simpanse-simpanse tersebut ternyata berhasil menemukan angka-angka di balik kotak-kotak hitam tersebut secara tepat dan hanya butuh waktu sekitar dua detik saja untuk membuka seluruh kotak-kotak tersebut. Sedangkan mahasiswa-mahasiswa tersebut butuh waktu jauh lebih lama dibandingkan simpanse-simpanse tersebut dan itupun banyak salahnya pula. Lebih mengagumkan lagi ketika susunan angka-angka tersebut diacak kembali dan kali ini simpanse-simpanse tersebut hanya diberi waktu 210 milidetik  atau  kira-kira sama dengan \frac{1}{5} detik untuk menghafal letak angka-angka tersebut di layar!! Bayangkan! Hanya seperlima detik! Hasilnya?? Tidak berpengaruh!! Simpanse-simpanse tersebut tetap bisa menemukan urutan-urutan angka yang tersembunyi di layar tersebut dengan tepat dan dengan kecepatan yang mengagumkan dan tidak akan pernah bisa disaingi oleh mahasiswa-mahasiswa saingannya dalam test tersebut !!

Apa yang disimpulkan Profesor Matsuzawa dari percobaannya tersebut? Profesor Matsuzawa mengatakan bahwa kemampuan luar biasa simpanse dalam menghafal tersebut erat hubungannya dengan kehidupan liarnya di alam bebas. Kemampuan menghafal ini berguna bagi simpanse untuk menghafal jumlah musuh atau rival mereka dan di tempat-tempat mana saja mereka berada dan suka bersembunyi di semak-semak. Kemampuan menghafal yang luar biasa ini juga berguna ketika simpanse harus menghafal di mana-mana saja terdapat buah-buahan yang matang. Juga simpanse-simpanse harus dapat menghafal mana tempat-tempat makanan yang sering didatangi simpanse jantan yang dominan (biasanya simpanse terkuat pemimpin grup) karena simpanse-simpanse lain tidak boleh makan buah-buahan yang berada di dekat simpanse jantan yang dominan tersebut.

Profesor Matsuzawa juga mengatakan bahwa kemampuan menghafal cepat manusia ini sudah lama sekali menghilang karena tempatnya sudah digantikan oleh sebuah fungsi yang jauh lebih berguna dibandingkan hanya sekedar menghafal yaitu fungsi linguistik atau bahasa. Bagi manusia, fungsi ini jauh lebih penting bagi manusia dibandingkan hanya sekedar kemampuan menghafal, karena dengan bahasa yang kompleks, manusia bisa berkomunikasi secara lebih efektif dibandingkan bahasa simpanse yang relatif sederhana. Bukan itu saja, fungsi bahasa ini juga penting untuk mewariskan ilmu pengetahuan yang sudah kita pelajari untuk generasi penerus kita secara efektif dan efisien. Karena  komunikasi dan pewarisan ilmu pengetahuan kepada anak cucu kita secara efektif dan efisien adalah sebuah faktor penting kenapa spesies Homo sapiens ini dapat mendominasi planet ini hingga kini……..

Nah sekarang, adakah keunggulan-keunggulan ‘kerabat kita terdekat’ ini lainnya daripada manusia yang belum kita ketahui? Walahualam….. yang jelas adalah tugas manusia untuk menyelidiki dan mempelajari hal-hal seperti ini. Karena kalau kita ogah belajar, maka kita jadi lebih mirip dengan simpanse….!! Siapa tahu kalau simpanse diajari ngeblog dia bisa bikin blog yang lebih canggih daripada rata-rata blogger manusia…!! ( SUMBER :  spektrumku.wordpress.com )

Tinggalkan komentar